oleh

Unila-Kemenpora Gelar Kuliah Wirausaha Pemuda

Bandar Lampung – Unila Bangun mindset berwirausaha di kalangan mahasiswa, Universitas Lampung (Unila) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia gelar Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda.

Mengusung tema “Membentuk Generasi Pengusaha di Perguruan Tinggi dengan Ekosistem Kewirausahaan”, kegiatan tersebut diikuti seratusan mahasiswa Unila di ruang sidang utama lantai dua rektorat dan via Zoom, Rabu, (31/8/ 2022).

Kuliah penumbuhan minat kewirausahaan pemuda merupakan salah satu rangkaian program Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI dalam rangka membekali mahasiswa pengetahuan tentang dunia wirausaha. Kegiatan diharapkan menjadi stimulan mahasiswa agar selalu bersemangat untuk berwirausaha.

Ketua Pelaksana Kewirausahaan Pemuda Khairul Adha melaporkan, kegiatan ini diadakan dalam rangka memberi perubahan mindset kepada mahasiswa yang sebelumnya fokus pada karier ASN kemudian tertarik pada dunia wirausaha, menjadi pengusaha, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Karena satu pengusaha akan melahirkan sepuluh atau 100 pekerjaan-pekerjaan baru,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Yulianto, M.S., mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Kemenpora RI kepada Unila untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya tema yang diusung sangat menarik untuk dibahas bersama karena meningkatkan mental generasi muda dalam berwirausaha adalah salah satu cara untuk membangun jiwa entrepreneur yang tangguh.

Ia juga menjelaskan, pembinaan kewirausahaan sebagai salah satu pilihan karier bagi mahasiswa sudah dilakukan, khususnya sejak poin lulusan mendapatkan pekerjaan layak menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

“Kami sangat senang dengan penawaran dari Kemenpora. Mudah-mudahan bisa berjalan secara continue dengan berbagai program lainnya. Insyaallah kita bisa saling bersinergi antara Universitas Lampung dan Kemenpora,” ujar Prof. Yulianto.

Baca Juga:  Menelusuri Surat Panggilan Saksi Dari KPK Kepada Endah Kartika Prajawati dan Maya Metisaa

Kuliah penumbuhan minat kewirausahaan pemuda menghadirkan lima narasumber perwakilan dari Kemenpora, UPT PKK Unila, PT. Pegadaian, dan Pengusaha.

Tahap selanjutnya, pihak kampus akan menyeleksi sepuluh peserta yang hadir dalam kuliah tersebut secara online. Untuk hasil akhir, akan dipilih tiga hingga lima peserta yang mendapat bantuan modal dari Kemenpora senilai 10 juta rupiah per orang.

Pembukaan kegiatan dilakukan Plt. Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI Drs. Imam Gunawan, M.A.P., sekaligus memberikan motivasi kepada peserta. Acara turut dihadiri para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni di lingkungan Unila.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed