oleh

Tak Hadir Paripurna APBD-P, OPD Tidak Serius Wujudkan Lampung Berjaya

Ketidakhadiran sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rapat paripurna Raperda APBD Perubahan tahun anggaran 2022 dinilai Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay sebagai bentuk ketidakseriusan dan kurangnya loyalitas OPD dalam mewujudkan Visi Misi Gubernur dalam mewujudkan Lampung Berjaya.

Mingrum menegaskan, rapat paripurna pengesahan APBD-Perubahan ini adalah agenda penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Karena dalam mengesahkan suatu keputusan terkait kebijakan harus dihadiri dari komponen dan instrumen perangkat daerah.

“Karena jajaran Kepala OPD ini merupakan bagian dari komponen dan instrumen dalam menyukseskan program Lampung Berjaya, ya seharusnya mereka hadir,” tegas Mingrum usai rapat paripurna di Gedung DPRD setempat, Rabu (7/8).

jika Kepala OPD yang bersangkutan berhalangan hadir sambung politisi PDI Perjuangan dapat diwakilkan kepada Sekertaris atau Kabid. Jangan sama sekali tidak ada perwakilan yang menghadiri rapat paripurna Raperda APBD-Perubahan ini.

“Kalau memang kepalanya berhalangan hadir, ya seharusnya ada wakil yang dikirimkan, bisa dari Sekertaris atau Kabid. Jangan sama sekali tidak ada perwakilan yang hadir,” timpal Mingrum.

Rendahnya loyalitas dan kedisiplinan OPD seharusnya menjadi catatan Gubernur Arinal Djunaidi agar mengganti kepala OPD yang tidak mampu bekerja sama dalam mewujudkan program Lampung Berjaya.

“Ya kalau memang Kepala OPD ini sudah tidak ada lagi loyalitas, saya minta Gubernur mengevaluasi dan mengganti jajaran Kepala OPD yang bandel dan menggangap sepele rapat paripurna Raperda APBD-Perubahan. Siapa pun orangnya saya tidak peduli, ganti saja. Hal-hal seperti ini jangan dibiarkan,” pungkas Mingrum.

Terpisah, Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto  saat dikonfirmasi awak media beralasan dalam rapat paripurna Raperda APBD-Perubahan ini tetap dihadiri beberapa pejabat eselon II beserta perwakilan dari masing-masing OPD yang Kepalanya berhalangan hadir.

Baca Juga:  PTSL Program Jokowi Jadi Ajang Pungli

Menurut Fahrizal, dalam rapat tersebut juga dapat dihadiri melalui zoom meeting. Sehingga beberapa rekan Kepala OPD yang berhalangan hadir secara luring dapat mengikuti rapat paripurna melalui daring

Diketahui, DPRD Lampung bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) melangsungkan rapat paripurna Raperda APBD-Perubahan 2022. Tapi dalam kesempatan tersebut ada hal yang menyorot perhatian publik. Pasalnya, ada sejumlah oknum Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gerbong Lampung Berjaya yang mangkir pada rapat tersebut, Rabu (09/09/2022).

Selain beberapa oknum Kepala OPD yang tak hadir, tidak adanya juga perwakilan yang dikirimkan untuk menghadiri rapat paripurna Raperda APBD-Perubahan.(Bung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed