oleh

Pilkades Serentak Siap Digelar, Pemkab Pesawaran Anggarkan Rp. 800 Juta

-Pesawaran-115 views

Pesawaran (Analisis.co.id)- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Pesawaran memastikan akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak yang digelar di bulan Desember 2022.

Kadis DPMPD Pesawaran, M. Zuardi, SH mengatakan Pilkades di Pesawaran tetap digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. Pada tahun ini ada 27 desa dari 144 desa se-Pesawaran akan memilih kepala desa baru.

“Pilkades akan digelar serentak di 27 desa pada 17 Desember 2022 nanti,”kata Zuardi kepada media Analisis.co.ir, Rabu (7/9/2022) di ruang kerjanya.

Ia mengaku anggaran yng disiapkan untuk menyambut pesta demokrasi di tingkat desa ini sebesar Rp 800 juta.

“Anggaran yang disiapkan kabupaten ini sebesar Rp800 juta untuk membiayai operasional panitia di tingkat desa,”lanjutnya.

Untuk pelaksanaan Pilkades ini, sambungnya, Pemkab Pesawaran telah mengajukan anggaran Pilkades melalui Peraturan Bupati (Perbub) nomor 74 tahun 2022 dan anggarannya bersumber anggaran yakni dari APBD dan dana desa (DD).

“Sumber dana dari APBD sebesar Rp800 juta dialokasikan di Perubahan, sedangkan anggaran dari DD dimasing-maaing desa bertujuan untuk mengantisipasi kekurangan pelaksanaan Pilkades nanti,”terangnya.

Selain itu, tambah Zuardi, meskipun covid-19 sudah reda, tapi untuk mengantisipasinya didalam pelaksanaan Pilkades tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan aturan-aturan yng terukur dan mengikat sehingga tidak menimbulkan cluster baru penularan covid-19 ditingkat desa.

“Kita harapkan Pilkades nntinya bisa berjalan aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak ada kluster baru di Pilkades serentak ini,”pungkasnya. (Zainal)

Baca Juga:  Kadis Pendidikan Pesawaran Tinjau PTM Di SMK Pelita Pesawaran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed